Belajar Pengembangan Diri Lewat Rekomendasi Buku Berikut, Yuk!

Membaca adalah salah satu kegiatan mudah dan murah untuk dilakukan di mana saja. Bahkan saat hari kamu super sibuk, kamu bisa mencuri waktu untuk membaca di perjalanan atau sebelum tidur. Bahkan, kalau curi-curi waktu untuk membaca di kantor juga kayaknya nggak akan dimarahi deh. Yaaa asalkan nggak ada tugas yang urgent sih hehe. Jangan heran, kalau banyak orang yang suka mencari rekomendasi buku untuk memuaskan dahaga aktivitas yang satu ini.

Membaca bisa mengajarkan kita banyak hal dan melatih cara berpikir kita. Melalui perspektif dari orang lain, kita belajar memperluas wawasan dan melihat suatu hal dari sisi yang berbeda, apapun genre-nya.

Namun, kalau kamu sedang butuh motivasi diri, kamu bisa melirik buku-buku pengembangan diri alias self-improvement. Genre ini biasanya ditulis oleh motivator dan tokoh terkenal dan bisa membantu kamu untuk meng-upgrade diri kamu. Dengan banyaknya pilihan di pasaran, kamu juga punya banyak pilihan topik pengembangan diri. Nah, berikut rekomendasi buku pengembangan diri best seller yang bisa kamu lirik!

1. Berani Tidak Disukai oleh Ichiro Kisimi & Fumitake Kaga

rekomendasi buku berani tidak disukai

Terkadang kita terlalu sibuk memikirkan apa yang akan dipikirkan atau dikatakan orang lain tentang keputusan kita. Ujung-ujungnya malah bisa menyebabkan insecure. Buku ini memberi pemaparan dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya.

Filosofinya disampaikan lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Buku ini akan mengajarkan konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan menyingkirkan hal-hal yang enggak penting dari pikiran kamu.

2. How To Win and Influence People oleh Dale Carnegie

Buku ini adalah salah satu yang terlaris sepanjang masa dan sering dijadikan referensi bagi buku tentang pengembangan diri lainnya. Bukan hanya tips agar kita bisa disukai banyak orang, tapi juga cara agar orang lain bisa menerima ide kita. Cocok nih untuk kamu yang ingin tampil lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

3. Filosofi Teras oleh Henry Manampiring

rekomendasi buku filosofi teras

Buku pengembangan diri ini adalah best seller yang juga memenangkan penghargaan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019. Buku ini membantu kamu menerapkan hidup ala filsafat stoa atau stoisisme, yang pada dasarnya mengajak kita mengatasi emosi negatif dan fokus pada saat ini (be present).

4. Psychology of Money oleh Morgan Housel

Kenapa sih semua aspek hidup kita harus menggunakan uang? Well, yuk, kita cari tahu lewat buku ini. Morgan Hansel adalah pemenang penghargaan bisnis terbaik dari Society of American Business Editor and Writers dan mantan kolumnis di The Wall Street Journal. Kita diajak belajar finansial dan juga melihat sudut pandang perilaku manusia terhadap uang melalui cerita pendek. 

5. Atomic Habits oleh James Clear

rekomendasi buku atomic habit

Ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal dunia, James mengajak kita memulai kebiasaan kecil yang dapat mendatangkan pengaruh besar pada kehidupan kita nantinya. Selain tips, buku ini juga dilengkapi kisah inspiratif dari para peraih medali emas Olimpiade, CEO terkemuka, dan ilmuwan. Jadi termotivasi untuk memulai kebiasaan-kebiasaan kecil untuk makin produktif deh!

Kamu punya rekomendasi buku pengembangan diri juga, Sobat LabKreatif?

Artikel lainnya

Terimakasih, kamu sudah daftar

Belajar Pengembangan Diri Lewat Rekomendasi Buku Berikut, Yuk!